Saturday 4 June 2016

Cara Alami Memelihara Kesehatan Mata

Kembali lagi di blog tentang hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana. kali ini,  hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana  akan mengulas tentang
tips sederhana. Dengan melakukan tips sederhana ini, akan memberikan dampak positif bagi kesehatan mata. Dengan merawat mata, maka kita telah menjalani kiat-kiat  hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana. 

Mata adalah adalah salah satu panca indera yang sangat crusial dalam tubuh manusia. Mata merupakan organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Melalui mata pula, kita bisa menikmati keindahan alam ciptaan Sang Pencipta yang luar biasa. Oleh karena itu, kita wajib bersyukur kepada Sang Pencipta yang telah menganugerahi sepasang mata yang sehat yang bisa digunakan untuk melihat indahnya dunia dan se-isinya.


Namun perlu juga kita ketahui keberadaannya, bahwa bukan hanya tubuh saja yang bisa merasakan kelelahan. Maka perlu memelihara mata dengan baik agar tetap sehat. Memelihara  mata tentunya dilakukan dengan cara merawat kesehatan mata. 
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan mata. Namun, yang terpenting adalah membuat mata sejenak beristirahat dari rutinitas. Nah berikut ini merupakan cara alami untuk merawat kesehatan mata. Melakukan perawatan tubuh tubuh dengan cara yang alami tidak akan memberikan efek samping bagi kesehatan. oleh karena, hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana mengulas artikel tentang tips alami.

Cara alami memelihara kesehatan mata:

1.     Istirahatkan Mata. Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.
2.   Jangan gosok Mata. Usahakan tidak menggosok mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata. Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan Ketika mata terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara automatis kita akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan. 
3.     Kedipkan Mata. Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop, nonton tv, Play Station atau membaca buku. Jarak yang aman untuk menonton televisi sekitar 2 meter untuk TV ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Sebaiknya gunakan tv layar kecil untuk hiburan keluarga. Hal ini berlaku juga ketika anak bermain game, PS atau yang lainnya. Begitu juga dengan kebiasaan membaca, janganlah posisinya terlalu dekat, hal ini dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Gunakan penerangan yang cukup ketika membaca, dan sebaiknya tidak membaca ketika tiduran.
4.     Hindari debu dan polusi. Ketika beraktifitas di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di rea pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak. 
5.     Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Mata perlu dijaga kesehatannya, antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A, wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayur dan buah yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.
6.     Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua. Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.
7.   Mengonsumsi antioksidan. Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar matahari dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. Konsumsi antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.
8.   Mengonsumsi asam lemak omega-3. Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.
9.   Pertimbangkan multivitamin. Jika memang diperlukan, saat ini banyak juga tersedia suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak.

Itulah beberapa tips alami merawat kesehatan mata. Dalam merawat kesehatan mata, jangan lupa berdzikir. Berdzikir
Itulah beberapa tips alami merawat kesehatan mata. Dalam merawat kesehatan mata, jangan lupa berdzikir. Berdzikir dengan mengucapkan asma Allah " Ya Sami'u " setiap hari secara rutin. Selain itu, hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana merekomendasikan agar mata dikonsultasikan ke dokter spealis. Konsultasikan dengan teratur.
Semoga tips ini memberikan banyak manfaat untuk hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana. 

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Salam senyum :)

No comments:

Seekor Kerbau yang Bisa Mati Hanya Dikarenakan Sebuah Opini

Bismillahirahmanirrohim,, Hai sahabat blogger... Kembali lagi di blog